ElektraNews.Com - Majalah Elektra

 

November 05, 2012 17:59

Bangkrut, setengah bangkrut, rugi atau gagal

 

 

 

Dalam kamus bahasa Indonesia dijelaskan bahwa bangkrut artinya adalah bangkrut. Bangkrut tidak bearti kiamat, bangkrut tidak bearti akhir dari segala-galanya.

Dalam kamus ekonomi, bangkrut artinya bahwa anda tidak pernah punya keberanian untuk memulai usaha.

Dalam kamus manajemen, satu satunya cara untuk menghindari bangkrut adalah jangan jadi pengusaha. Anda cukup jadi karyawan dan anda pasti tidak akan pernah bangkrut. Dengan jadi karyawan resiko yang paling besar yang anda hadapi adalah dipecat, di PHK, kehilangan harga diri, bete, ngiler dengan kondisi rekan yang dulu sama sama nyontek saat ujian dan sama-sama ngolah untuk mata kuliah tertentu. Tapi dengan jadi karyawan, anda tidak akan mungkin pernah bangkrut.

Almarhum bapak saya cuma pensiunan guru ST (setingkat SMP), yang tidak ninggalin warisan materi, yang cuma pernah ngasih nasehat : lu kuliah yang bagus, abis itu lu bikin surat lamaran untuk cari kerja, abis itu gua tidak tau lagi dan terserah Tuhan. Jadi mustahil kalau saya tidak pernah bangkrut. Mustahil kalau saya tidak pernah rugi. Dan lebih mustahil lagi kalau saya takut bangkrut dan takut rugi karena saya tidak punya dasar apa-apa untuk berbisnis. Sedangkan rekan kita yang keturunan tionghoa yang dari lahir diajari cara cari duit, yang dikasih duit satu truk untuk buka usaha, yang punya relasi yang luas sesama orang tionghoa, yang fasih bahasa mandarin, dll, juga tidak ada jaminan untuk tidak pernah bangkrut.

Kalo anda setiap hari naik motor (sepeda motor), mustahil lah kalau dalam 20 tahun anda tidak pernah jatuh, tidak pernah ditilang, tidak pernah menabrak atau di tabrak, sama mustahilnya dengan pernah bertemu dan tidak pernah berpisah.

Dari tayangan TV dan dari buku-buku best seller tentang hikmah kegagalan dll, anda akan mengetahui bahwa semua pengusaha sukses pernah mengalami bangkrut dan bahkan dialami lebih dari sekali dalam hidupnya.

Semua pengusaha Amerika pernah bangkrut waktu resesi ekonomi tahun 20an, semua pengusaha indonesia tahun 40an zaman belanda pasti bangkrut waktu zaman jepang dan zaman perang kemerdekaan tahun 45, semua pengusaha pengusaha akan bangkrut pada krisis ekonomi tahun 65, semua pengusaha akan bangkrut pada krisis ekonomi tahun 98, semua pengusaha irak akan bangkrut pada zaman perang irak dll. Hanya saja ada yang bangkrut total, setengah bangkrut, rugi besar dll, tapi semua yang eksis setelah itu adalah mereka yang bangkit kembali dari kebangkrutan tersebut.

 

Info :

 

 

 

 

 

 

 

           Home           

           Sitemap & Artikel Lainnya           

 

 Powered by 

 mesinantrian.com 

 hitech-plaza.com 

 hitechindonesia.com